Selamat Datang

Selasa, 23 April 2013

Daun Ketapang Sebagai Bahan Alami Pengobatan Ikan Air Tawar



Ketapang ialah sejenis pokok yang berasal dari Malaysia/Indonesia, daun-daunnya akan menjadi merah dan akan menjadi merah kehitaman setelah ia menjadi tua. Apabila ia berguguran jatuh ke tanah, jika terdapat air disekitarnya (seperti ai sungai), ia akan menjadi coklat kekuningan. sosok pohon ketapang tinggi besar dan agak menyerupai bentuk pagoda. Cabangnya sangat banyak dan rimbun dengan daun yang cukup lebar. Jika daunnya menua akan berubah warna dari hijau menjadi merah pekat dan akhirnya menjadi berwarna cokelat kering.


Ketapang dalam bahasa ilmiah adalah terminalia catappa, atau sering disebut dengan kenari tropis, badamier, kenari jawa, amandier de Cayenne, kenari liar, Indian almond, myrobalan, Malabar almond, Singapore almond, Huu kwang, Sea almond, kobateishi). Pohon ketapang menghasilkan racun padsa daunnya yang berguna untuk melindungi dari gangguan serangga dan parasit. Oleh karena itu kita tidak akan menemukan pohon ketapang diserang oleh hama. Daun yang kering ketika terendam air akan menghasilkan air yang berwarna kuning kecoklatan. Air tersebut mengandung asam organic seperti humic dan tannic.
Daun ketapang kering menghasilkan asam organic seperti humic dan tannic. Daun ketapang juga berguna untuk menurunkan pH air. Hal ini akan menciptakan kondisi air yang ideal untuk cupang kita.

Tannic dan humic berguna untuk membunuh bakteri. Humic juga dapat mengkondisikan kandungan logam yang berlebihan dan berbahaya bagi ikan. Air daun ketapang mempunyai efek detoksifikasi terhadap ikan cupang. Jika berlebihan dalam penggunaannya akan menurunkan pH air pada keadaan yang tidak stabil dan justru membahayakan kesehatan ikan.

Antara khasiat air daun ketapang yang dipercayai sejak turun temurun ialah:

1. Dapat menurun sekaligus menstabilkan PH air. Namun ia tidak boleh digunakan secara berlebihan sehingga PH air menjadi tidak stabil kerana akan membahayakan nyawa ikan.

2. Menyerap bahan-bahan kimia berbahaya dan meneutralkannya seperti bahan-bahan dari logam berat (zing, aluminium, tembaga).

3. Membunuh bakteria.

4. Baik untuk mengoptimumkan kesihatan ikan peliharaan.

5. Mempercantik sirip, ekor dan kulit ikan serta memberikan ikan berasa seperti di habitat semula jadinya yang gelap.

Jurnal Daun Ketapang
Jurnal Daun Ketapang untuk kesehatan wanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar